pengenalan microsoft excel 2010,mengenal menu dan fungsi menu MS Excel
pengenalan microsoft excel 2010,mengenal menu dan fungsi menu MS Excel
Bekerja dengan Excel berarti bekerja dengan
berbagai data. Excel adalah software pengolah data yang memiliki
banyak perintah pendukung untuk memaksimalkan pengolahan data. Excel juga biasa
disebut sebagai program spreadsheet
dimana tiap-tiap data dapat anda sisipkan pada lembar kerja (worksheet) berbeda. Excel 2010 akan
makin mempermudah kerja seorang manajer karena beberapa perintah pendukungnya
telah disempurnakan. Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas satu persatu
fungsi apa saja yang ada di Excel 2010.
Berikut adalah Komponen yang ada didalam Microsoft Excel 2010:
Gambar 1. Tampilan Workbook Excel 2010
1.Tab
Ribbon, berisi groups-groups yang didalamnya terdapat beberapa tools (tombol perintah). Tab yang
terdapat dalam Excel antara lain:
- Tab File, berisi beberapa perintah standar dalam pengoperasian worksheet Excel, seperti: membuka/menutup file, menyimpan data dan sebagainya
- Tab Home, berisi tombol-tombol perintah yang bisa digunakan untuk memformat data.
- Tab Insert, berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan objek seperti: Picture (gambar), Clipart, diagram/chart, Pivot Table dan sebagainya.
- Tab Page Layout, berisi tombol-tombol perintah untuk pengaturan halaman.
- Tab Formulas, berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan fungsi-fungsi formula yang terdapat dalam Excel.
- Tab Data, berisi tombol-tombol perintah untuk pengolahan data, seperti Sort, Filter dan Import data dari program atau aplikasi lain.
- Tab Review, berisi tombol-tombol perintah yang berisi pengaturan worksheet Excel yang meliputi spelling, Translate, New Comment (penambahan komentar, serta proteksi data dan workbook
- Tab View, berisi tombol-tombol perintah untuk pengaturan worksheet Excel (Workbook Views), Zoom, Gridlines dan tampilan beberapa jendela.
2.Groups,
adalah bagian yang berisi sekumpulan tombol perintah
yang terletak dibawah tab.
3.Quick
Access Toolbar, merupakan toolbar standar yang
berisi tombol perintah yang sering digunakan, seperti tombol Save, tombol Undo
dan tombol Redo
4.Tombol
Dialog, yang terletak disebelah kanan groups dan
berfungsi untuk membuka kotak dialog
5.Tombol
Minimize, Maximaze, Close, untuk memperkecil,
memperbesar, atau menutup tampilan
worksheet dokumen Excel
6.Tab
Sheet,
merupakan kartu yang
menampung nama-nama dari sheet dalam Excel, Worksheet merupakan lembar kerja
yang digunakan untuk menampung dan mengolah data
7.Navigasi Sheet, merupakan
tombol-tombol perintah yang berfungsi untuk berpindah antar sheet yang sedang
aktif.
8.Zoom Level, merupakan
bagian yang berisi tombol-tombol perintah yang mengatur besar kecilnya tampilan
lembar kerja
Worksheet merupakan
lembar kerja yang berupa kolom dan baris.
Satu
sheet terdiri dari 16.384 kolom dan 1.048.576. Jumlah ini tidak terlalu berbeda dengan
Excel versi sebelumnya . Nama kolom berupa abjad dari mulai kolom A sampai
dengan kolom XFD, dan nama baris berupa angka satu sampai dengan 1.048.576.
Agar lebih jelas, perhatikan penjelasan bagian-bagian pada worksheet 2010 berikut ini:
Gambar 2. Tampilan Worksheet Excel 2010
1. Sel,
merupakan perpotongan antara kolom dan baris yang
mempunyai nama. Nama sel atau alamat sel diambil dari perpaduan antara nama
kolom dan baris itu sender, misalnya: sel D5, F12 dan sebagainya.
2. Range
Sel, merupakan
kumpulan dari kolom, baris dan sel yang tertampung dalam worksheet
3. Select
Sel, digunakan untuk memilih semua sel dalam
satu worksheet
4. Name
Box, adalah suatu kotak yang dipakai untuk
menampung nama-nama range yang dibuat dalam Excel
5. Tab
Split, merupakan tuas pemisah yang terletak
diantara tab sheet dengan batang penggulung horizontal. Geser tuas split untuk
mengatur ukuran lebar bagian tab sheet dengan bagian batang penggulung
horizontal
Komentar
Posting Komentar