Pengenalan microsoft word 2010 beserta Menu dan Fungsinya
A.
Pengertian Perkembangan
dan Fungsi Microsoft Word
1.
Pengertian Microsoft Word
Microsoft Word merupakan software pengolah kata yang sering
digunakan dan sangat populer pada saat ini. Secara umum Microsoft Word adalah
Software untuk mengolah huruf atau kata yang biasa digunakan untuk membuat
laporan, karya ilmiah dan lain sebagainya Software ini berada dalam satu paket
Microssoft Office yang berisi Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power
Point, Microsoft Access dan lain-lain.
2.
Perkembangan Microsoft
Word
Dari tahun ke tahun
Microsoft Word telah mengalami banyak perkembangan. Dimulai dari Microsoft Word
1998, Microsoft Word 2003, Microsoft Word 2007, Microsoft Word 2010, dan yang
terbaru adalah Microsoft 2013. Dengan perkembangan tersebut Microsoft Word
telah menjadi software yang lebih mudah digunakan dan dapat membantu manusia
dalam pekerjaannya dengan lebih baik.
3.
Fungsi Microsoft Word
Microsoft Word memiliki
banyak fungsi diantaranya adalah sebagai berikut;
·
Membuat dokumen dan
menyimpan dokumen
·
Dapat membuat tulisan
yang bervariasi
·
Bisa membuat grafik dan table
·
Membuat surat
·
Memasukkan gambar
1.Pengertian dan Bagian
Tabs Menu Word 2010
Tabs Menu adalah
bagian dari quick access yang terdapat pada microsoft office word 2010 dimana
menu ini difungsikan untuk akses cepat menuju suatu akses fungsi yang dapat
kalian gunakan ketika kalian sedang membuat dokumen teks atau gambar. Perlu
kalian ketahui bahwa yang termasuk kedalam tab menu office word 2010 adalah
sebagai berikut :
1.
Tab File
2.
Tab Home
3.
Tab Insert
4.
Tab Page Layout
5.
Tab References
6.
Tab Maillings
7.
Tab Review
8.
Tab View .2.Pengertian dan Pembagian Ribbon di Word 2010
Ribbon jika diartikan
secara menyeluruh adalah bagian utama menu office word 2010 yang menampilkan
beberapa menu akses cepet seperti Tabs menu, Groups Menu dan Command.
Namun jika kita artikan secara spesifik Ribbon adalah
suatu kumpulan tool menu yang terdapat pada bagian tab menu, dimana
kumpulan-kumpulan tool ini juga dibagi menjadi beberapa bagian yang disebut
dengan group. Perlu kalian ketahui bahwa dari setiap tool-tool tersebut
mempunyai fungsi kerja masing-masing dan bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan
yang kalian perlukan. Yang termasuk kedalam kategori ribbon adalah sebagai
berikut:
1.
Tabs Menu - Bagian ini bisa terlihat di bagian atas Ribbon dan berisi
beberapa kelompok perintah terkait yang digolongkan berdasarkan tabs tertentu
seperti Home, Insert, Page Layout adalah contoh tab ribbon.
2.
Groups - Bagian ini merupakan kumpulan alat untuk mengatur perintah
tertentu, setiap nama grup muncul didalam tabs menu pada Ribbon, seperti groups
clipboard, group font dan group paragraph.
3.
Commands - Bagian ini merupakan fungsi perintah yang muncul dalam
setiap kelompok seperti yang disebutkan di atas.
3.Pengertian Title Bar
Office Word 2010
- Title Bar merupakan identitas atau nama dari suatu dokumen yang sedang kalian kerjakan. Secara default title bar ini akan muncul dengan keterangan Documen1 - Microsoft Word, namun ketika kalian sudah menyimpan dokumen tersebut dengan sebuah nama, maka nama tersebut akan berubah menjadi nama_dokumen_kalian - Microsoft Word.4.Pengertian dan Fungsi Rulers Di Microsoft Word 2010
Ruler atau penggaris merupakan tool yang bisa kalian
gunakan untuk mengatur lebar dan tinggi halaman dokumen secara manual tanpa
harus mengatur ukuran di page layout. Dalam hal ini ruler dibagi menjadi
dua bagian yakni Ruler Horizontal dan ruler vertikal.
1.Ruler horizontal muncul tepat di bawah bagian Ribbon dan sering digunakan untuk
mengatur margin dan tab stop.
2.Ruler vertikal muncul di tepi kiri jendela Word dan sering digunakan untuk
mengukur posisi vertikal elemen pada halaman.
5.pengertian Status Bar Di
Office Word 2010
Status bar merupakan
sebuah tampilan bar kecil yang memberikan informasi banyaknya jumlah suku kata
didalam sebuah dokumen, meberikan informasi banyaknya halaman atau jumlah
dokumen dalam satu lembar kerja dan menampilkan informasi bahasa yang kalian
gunakan.
6. Pembagian dan Fungsi Menu pada Tab File
1.
Save - Menyimpan dokumen ke tempat penyimpanan komputer
2.
Save As - Menyimpan dokumen dengan beberapa pilihan format lain
seperti PDF, Doc, Dot, Html, xml dan format lainnya
3.
Open - Untuk membuka file dokumen yang bisa terbaca di office word
2010
4.
Close - Untuk menutup dokumen yang sedang dikerjakan
5.
Info - Untuk menampilkan informasi lain seperti jika kalian akan
memberikan password atau kunci keamanan di dokumen yang kalian buat
6.
Recent - Untuk melihat informasi dokumen yang telah kalian kerjakan
sebelumnya
7.
New - Untuk membuat dokumen baru yang support dengan office word
2010, diantara dokumen docx, doc, membuat design template dll.
8.
Print - Menampilkan informasi dokumen yang akan diprint, serta
kalian juga dapat mengatur setelan print out yang diinginkan
9.
Save & Send - Untuk menyimpan dan mengirim langsung dokumen yang kalian
buat, salah satunya adalah langsung mengirimnya ke alamat email atau blog
khusus
10. Help - Untuk menampilkan
bantuan-bantuan yang tedapat di office word 2010
11. Options - Untuk
melakukan pengaturan di aplikasi office word 2010, seperti display, theme, font
default dll.
12. Exit - Untuk keluar dari
aplikasi word 2010
7..Pembagian
dan Fungsi Menu pada Tab Home
1.
Paste - Untuk menempelkan tulisan atau gambar yang telah kalian
salin di sumber lain
2.
Cut - Untuk memotong tulisan atau gambar yang kalian seleksi di
dalam dokumen
3.
Copy - Untuk menyalin tulisan atau gambar didalam dokumen word
4.
Font Style - Untuk memilih atau merubah jenis tulisan yang kalian
inginkan
5.
Bold (B) - Untuk membuat tulisan menjadi tebal
6.
Italic (I) - Untuk membuat tulisan menjadi miring
7.
Underline (U) - Untuk membuat tulisan bergaris bawah
8.
abc - Untuk membuat tulisan
coret
9.
Superscript dan
Subscripot X2 - Untuk membuat
pangkat pada tulisan seperti kuadrat, meter persegi, Kubik Dll.
10. Font Size - Untuk
merubah ukuran tulisan
11. A Style - Untuk
membuat style atau gaya pada tulisan
12. Highlight Text (ab) - Untuk
memblok warna kata atau kalimat didalam dokumen
13. Font Color (A) - Untuk
merubah warna huruf atau tulisan di dalam dokumen
14. Align Lef t- Untuk
merubah tulisan dokumen menjadi rata kiri
15. Align Center - Untuk
merubah tulisan dokumen menjadi rata tengah
16. Align Right - Untuk
merubah tulisan dokumen menjadi rata kanan
17. Align Justify - Untuk
merubah tulisan dokumen menjadi seimbang kanan dan kiri
18. Shading Color - Untuk
merubah warna blok pada tulisan dokumen (background color).
19. Icon Tabel - Untuk
membuat tabel secara manual
20. Bullets - Untuk
membuat icon kecil disamping tulisan
21. Numbering - Untuk
membuat nomor disamping tulisan
22. Multilevel List - Untuk
membuat kombinasi list antara bullets dan numbering
23. Increase dan Decrease - Untuk
menambahkan dan mengurangi lebar paragraf
24. Sort - Untuk menyortir isi
dokumen sesuai dengan abjad atau juga berdasarkan angka
8.Pembagian dan Fungsi Menu Pada
Tab Insert
Komentar
Posting Komentar